Selasa, 21 April 2009

* Hari Kartini *

Di masa sekarang, sudah banyak perempuan-perempuan yang ikut berperan dalam pemerintahan. bahkan secara khusus pemerintah memberi kuota kepada perempuan sebanyak 30% dalam hajatan besar bangsa ini yaitu dalam acara Pemilihan Legislatif yang di gelar pada tanggal 9 April yang lalu.

Selain itu juga semakin banyaknya perempuan-perempuan yang berkiprah dalam pemerintah dengan duduk dalam kabinet sebagai seorang menteri. ada beberapa nama yang mungkin tidak begitu asing di telinga kita. Menteri Kuangan yang sekarang di pangku oleh wanita handal bernama lengkap Sri Mulyani, dimana peranannya selama ini sangat membantu perekonomian bangsa.

di bidang Perdagangan ada ibu Marie Elka Pangestu yang juga sangat berkompeten dalam bidang tugasnya, memberikan banyak solusi guna meingkatkan kuota ekspor negeri ini. selain itu ada juga Ibu Siti Fadilah Supari yang merupakan Menteri Kesahatan, dimana dalam kepemimpinannya banyak membuah keputusan yang berpihak pada rakyat miskin yang membutuhkan pengobatan dengan menerbitkan kartu miskin bagi yang tidak mampu agar mendapat keringan saat berobat di rumah sakit yang telah di tunjuk oleh pemerintah.

Itulah beberapa nama perempuan Indonesia dari beberapa perempuan Indonesia yang sekarang sedang mendapat sorotan dari masyarakat banyak atas sepak terjang mereka selama ini. apa yang menyebabkan mereka bisa menempati posisi yang sejajar dengan kaum pria tidak lepas dari buah perjuangan salah satu pahlawan nasional yang ditetapkan oleh Presiden Pertama Indonesia Ir Soekarna dalam Keputusa Presiden Republik Indonesia No. 108 Tahun 1964, tanggal 2 Mei 1964 dimana dalam Kepres tersebut menetapkan Kartini sebagai Pahlawan Kemerdekaan Nasional sekaligus menetapkan hari lahir Kartini, tanggal 21 April untuk diperingati setiap tahun sebagai hari besar yang kemudian dikenal sebagai Hari Kartini.

Iya benar hari ini, selasa tanggal 21 April 2009 kita sedang memperingati hari kartini. Hari lahirnya tokoh pembaharuan bagi perempuan Indonesia agar bisa mendapatkan kesempatan yang sama denga para pria terutama dalam memperoleh pendidikan, karena diyakini oleh Kartini, bahwa melalui pendidikanlah perempuan-perempuan Indonesia akan maju dan bisa bersaing dengan para perempuan di luar Indonesia.

Kartini yang lahir tanggal 21 April 1879 di Jepara, Jawa Tengah dan meniggal pada tanggal 17 September 1904 beberapa hari setelah melahirkan putranya yang pertama dan terakhir telah membawa banyak perubahan bagi para permpuan Indonesia dengan pemikiran yang ada dalam dirinya. Pemikiran itu dia tuangkan dalam bentuk surat yang dia kirim kepada para sahabt penanya yang belakangan disatukan hingga menjadi sebuah buku yang berjudul Door Duisternis tot Licht yang artinya "Dari Kegelapan Menuju Cahaya atau yang lebih terkenal dengan judul "Habis Gelap Terbitlah Terang"

Adapun surat-surat yang ia tulis banyak berisi tentang keluh kesah tentang kungkungan adat jawa yang dia anggap sebagai penghambat kemajuan perempuan jawa khususnya dan Indonesia pada umumnya.

Dulu waktu saya masih kecil banyak acara yang dihelat untuk memperingati Hati kartini ini. dari lomba berpakaian adat, lomba memasak, menjahit dan banyak lagi kegiatan yang melibatkan ketrampilan perempuan digelar untuk merayakan hari pembaharuan bagi kaum perempuan ini. namun sekarang saya kira hal-hal itu sudah bukan saatnya lagi, karena sejatinya perempuan juga bisa bersaing dengan pria tidak hanya harus kerkutat dengan rutinitas didapu dan juga kegitan bersolek.tapi harus dengan adanya lomba yang lebih mengutaman intelegensi seorang perempuan dalam segala bidang agar bisa lebih diakui peranannya.

seperti apa yang telah dituturkan diawal tadi bahwa sudah ada beberapa perempuan yang berperan dalam pemerintahan menunjukkan kepedulian pemerintah kepada para perempuan agar bisa berperan dalam memajukan bangsa ini, terutama untuk mengangkat derajat perempuan di mata mereka sendiri dan juga orang lain. So di hari kartini ini saya berharap para perempuan Indonesia bisa lebih membuka wawasan dan mengasah kemampuan agar bisa bersaing dengan para pria, dan semoga kartini-kartini yang punya kesempatan melenggang ke gedung DPR/MPR bisa memberikan kontribusi bagi kaumnya dan juga bagi negara ini.

akhirnya Selamat Hari Kartini, semoga harapan dan cita R.A Kartini bisa diteruskan dan diwujudkan oleh para Kartini-Kartini penerusnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda Pengunjung ke :

Website counter